Search

Sudah New Normal, Yuk! Rencanakan Liburan ke 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia


Aku di Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT.

Pemerintah secara resmi mengizinkan maskapai menaikkan harga tiket pesawat hingga menyentuh tarif batas atas (TBA) di tengah pandemi COVID-19. Izin tersebut diberikan untuk memastikan keuangan perusahaan maskapai dalam kondisi sehat, karena jumlah penumpang dibatasi, dengan hanya diperbolehkan mengangkut 70% dari total kursi yang tersedia. Menaikan harga tiket pesawat mungkin akan membuat permasalahan keuangan yang terjadi di maskapai dalam negeri kembali membaik, pasca terpuruk akibat dampak pandemi COVID-19. Namun di sisi lain, kenaikan hingga tarif batas atas dikhawatirkan akan memberi dampak negatif bagi lain pihak, termasuk sektor pariwisata di berbagai daerah di Indonesia, yang khawatir terjadi penurunan jumlah wisatawan, akibat harga tiket pesawat yang melayani rute penerbangan ke daerah tujuan destinasi wisata tertentu melambung tinggi. Meski demikian, jangan buat itu menghentikanmu merencanakan piknik.


Jika kalian berniat untuk melepas penat dengan pergi berwisata di masa New Normal ini, ada baiknya kalian mengunjungi lima destinasi Wisata Super Favorit Indonesia, yakni Likupang di Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Danau Toba di Sumatera Utara, Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Mandalika di Nusa Tenggara Barat, serta Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.


Mengapa kelima destinasi Super Favorit Indonesia itu wajib menjadi pilihan untuk berwisata? berikut alasannya :


1. Likupang

Copyright: IDN Times

Likupang dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk pariwisata oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Hotel, restoran, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya terkait wisata laut tengah dipersiapkan, termasuk berusaha membuka penerbangan internasional langsung ke Bandara Sam Ratulangi.

Likupang menyimpan banyak eksotisme wisata alam yang belum banyak dieksplor, dari mulai savanna, pantai, hutan bakau, hingga pemandangan bawah laut yang indah.


Tempat atau hal menarik yang akan kalian dapatkan jika berkunjung ke Likupang diantaranya:


Pemandangan alam yang indah di pantai dan bukit Pulisan

Pantai Pulisan memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, serta banyak karang besar yang menyerupai gua, membuat pantai ini cocok bagi wisatawan yang hendak bersantai sambil bermain air atau ber swata foto.

Bagi yang suka melihat pemandangan alam dari ketinggian, di kawasan Pantai Pulisan terdapat sebuah bukit yang di puncaknya terdapat hamparan padang rumput indah, dengan pemandangan bentang laut di bawahnya, untuk menuju ke puncak bukit ini butuh sedikit perjuangan, namun akan tuntas terbayar saat kalian telah sampai di puncak.


Pemandangan bawah laut mempesona di Pulau Gangga

Pulau Gangga menjadi destinasi diving favorit wisawatan di Likupang, karena perairan pulau ini memiliki biota laut dan terumbu karang yang indah di dalamnya.


Ekowisata

Desa Bahoi yang merupakan desa nelayan di Likupang memiliki ekowisata mandiri yang terdiri dari hutan bakau di tepi laut, pemandangan bawah lautnya juga indah dengan beragam ikan dan terumbu karang didalamnya.


2. Danau Toba

Copyright: Kemenkomarves

Menyandang status sebagai danau alami terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia, membuat pesona Danau Toba mendunia. Pemandangan mempesona yang disajikan danau yang memiliki panjang sekitar 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman 1600 meter ini menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas Indonesia. Berbagai fasilitas penunjang wisata kini tengah dikembangkan seperti hotel, restoran, sarana ibadah, hingga transportasi yang melayani para wisatawan berkeliling Danau Toba. Selain itu, Pemprov Sumatera Utara juga tengah berusaha mengembalikan keorisinilan alam Danau Toba dan memperkuat kebudayaan tujuh etnis yang ada disana.

Danau Toba juga memiliki Beberapa destinasi yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya:


Berwisata ke Pulau Samosir

Pulau yang terletak di tengah Danau Toba ini menyajikan banyak wisata menarik, selain menawarkan keindahan alam, pesona budaya masyarakat Batak yang kental juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, karena bisa belajar budaya dan tradisi masyarakat Batak sekaligus.


Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso adalah Air Terjun tertinggi di Indonesia, bagi wisatawan yang ingin bekunjung dan menikmati wisata alam Air Terjun Sipiso-piso, kalian harus mengunjungi Desa Togging, yang berada di utara Danau Toba


Pusuk Buhit

Bagi wisatawan yang berburu foto dengan latar pemandangan bentang alam Danau Toba, Pusuk Buhit adalah tempat terbaik dan favorit. Bukit yang terdapat di Pulau Samosir ini menyajikan pemandangan danau toba yang luar biasa, berfoto dari atas Pusuk Buhit dijamin amazing!



3. Candi Borobudur

Copyright: Kemenparekraf

Borobudur adalah candi dan monumen buddha terbesar di dunia. Selain menjadi tempat wisata, candi yang didirikan pada sekitar tahun 800 Masehi ini, sampai sekarang juga masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan bagi umat buddha dari seluruh Indonesia dan mancanegara saat memperingati hari raya waisak. Sebagai destinasi wisata objek tunggal terfavorit di Indonesia, wisawatan akan mendapat banyak hal menarik dan bermanfaat, diantaranya :


Pemandangan indah untuk berswafoto

Bagi wisatawan, berfoto adalah hal wajib yang dilakukan di Candi Borobudur, kapan lagi bisa berswafoto dengan latar Bangunan yang pernah menjadi salah satu Keajaiban Dunia ini?


Belajar sejarah peradaban Indonesia

Candi Borobudur adalah salah satu bangunan peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia, yang menjadi simbol majunya peradaban Bangsa Indonesia pada masa itu, sehingga jika ingin mengetahui sejarah bangsa Indonesia, maka Candi Borobudur adalah hal yang tidak boleh dilewatkan



4. Mandalika


Copyright: Okezone

Mandalika telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Memiliki luas sekitar 1.000 hektar dan menghadap langsung ke Samudera Hindia, membuat potensi wisata di Mandalika sangat menjanjikan. Berbagai upaya tengah dilakukan pemerintah pusat dan Pemprov Nusa Tenggara Barat untuk mempromosikan daerah yang keindahan belum banyak diketahui banyak orang ini, salah satunya dengan membangun Sirkuit berstandar Internasional. Ini menjadikan Mandalika sebagai salah satu tuan rumah Ajang Balap Motor paling bergengsi di dunia yakni, MotoGP, pada 2021 mendatang.

Terdapat begitu banyak objek wisata yang ada di Kawasan Mandalika, namun yang terfavorit diantaranya:


Surfing di Pantai Gerupuk

Wisatawan yang gemar berselancar atau surfing, wajib mengunjungi Pantai Gerupuk, karena pantai ini memiliki spot dengan ombak yang keren, seperti Batu Teong, Prigi, Gligoleng, dan Batu Lawang. Sensasi ombak yang memacu adrenaline di Pantai Gerupuk pun sudah diakui oleh banyak turis mancanegara.


Berjemur dan Bersantai di Pantai Kuta Mandalika

Ini adalah Pantai yang paling terkenal di Mandalika, Pantai Kuta Mandalika menyajikan bentang alam yang menakjubkan, dengan pasir putih lembut, perbukitan hijau di kejauhan yang dipadu dengan birunya lautan, membuat wisatawan betah berlama-lama disini.


Wisata Budaya di Desa Adat Ende

Desa yang dihuni sekitar 37 kepala Keluarga dari Suku Sasak ini akan memperlihatkan kepada wisatawan betapa tradisionalnya kehidupan warga suku Sasak. Wisatawan dapat berkeliling desa yang pemukimannya identik dengan rumah khas suku Sasak yang terbuat dari anyaman bambu, dengan lantai tanah yang dicampur dengan kotoran kerbau atau sapi.



5. Labuan Bajo

Copyright: Shutterstock.

Terakhir, ada Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur yang memiliki wisata alam begitu memukau. Bentang alam dan garis pantai yang indah berpadu dengan panorama istimewa, adalah sedikit dari banyaknya hal menarik yang dapat wisatawan saksikan di Labuan Bajo.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Labuan bajo juga memiliki destinasi wisata lain yang juga sayang untuk dilewatkan, seperti :


Taman Nasional Pulau Komodo

Di pulau ini, wisatawan dapat melihat salah satu satwa langka dunia, yakni komodo. Hanya di Pulau Komodo, wisatawan dapat melihat secara langsung dan dari dekat hewan purba ini, mulai dari cara mereka hidup, makan, serta cara bagaimana mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan Pulau Komodo selama jutaan tahun lamanya.


Berinteraksi dengan Suku Bajo

Labuan Bajo juga menyajikan wisata budaya, di mana kalian dapat langsung berinteraksi dan melihat kehidupan Suku Bajo, suku pendatang dari Filipina yang menjadi peletak pertama berdirinya Labuan Bajo.



Lampu hijau yang berikan pemerintah terkait kenaikan harga tiket pesawat , sepertinya akan membuat promo tiket murah yang kerap ditawarkan berbagai maskapai dalam negeri tidak lama lagi akan berakhir. Selama ini, Promo tiket murah dianggap sebagai daya tarik bagi banyak orang di dalam negeri untuk mau pergi berwisata ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk berwisata kelima destinasi super prioritas yang disebutkan diatas.

Akan tetapi, meski harga tiket pesawat naik, kelima destinasi wisata super prioritas Indonesia pastinya masih akan tetap “Worth The Trip!” bagi para wisatawan yang hendak pergi berlibur di masa new normal saat ini. Jangan lupa tetap lakukan protokol kesehatan ya!


5 views
Boleh aku kirim update?
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey Snapchat Icon
You know what is right, do right.

© 2023 by Arianna Castillo​. Proudly created with Wix.com